Media online ialah media gres (new media) yang muncul di periode internet. Saat ini begitu banyak hal yang dengan mudah kita dapatkan secara online. Berikut ini kita bahas pemahaman media online dan karakteristiknya.
Pengertian Media Online
Media online yaitu sebutan lazim untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia. Pengertian media online dibagi dua, yaitu pengertian secara biasa dan khusus.
Secara biasa , pengertian media online adalah sarana komunikasi yang tersaji secara online di internet, mirip situs web (website) dan aplikasi (app). Aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan Telegram termasuuk media online dalam pengertian biasa .
Disebut juga media daring (dalam jaringan), media online dalam pengertian umum yakni segala macam atau format media yang cuma mampu diakses melalui koneksi internet yang terdiri dari teks, foto, video, dan bunyi (audio).
Dengan kata lain, media online mampu diartikan selaku media yang mampu diakses melalui internet.
Dengan pengertian media online secara lazim ini, maka email, mailing list, website, dan media sosial masuk dalam kategori media online.
Secara khusus, menurut Asep Syamsul M. Romli (2012) dalam buku Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online, pengertian media online secara khusus adalah dalam konteks media komunikasi massa, adalah media siber atau situs informasi (news site).
Kehadiran media online menimbulkan generasi gres jurnalistik, adalah jurnalistik online (online journalism) atau jurnalisme daring.
Jurnalistik online –disebut juga jurnalisme siber, jurnalistik internet, jurnalisme digital, dan jurnalistik web (web journalism)– ialah “generasi gres” jurnalistik sehabis jurnalistik konvensional (cetak) dan jurnalistik penyiaran (broadcast journalism, radio dan televisi).
Pengertian Media Massa
Istilah media sendiri dalam konteks komunikasi massa yaitu singkatan dari “media massa” atau “media komunikasi massa”.
Menurut Leksikon Komunikasi, media massa adalah fasilitas untuk memberikan pesan yang bekerjasama eksklusif dengan masyarakat luas, misalnya radio, televisi, dan surat kabar.
Menurut Cangara (2010), media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk memberikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Media massa ialah alat yang dipakai dalam penyampaian pesan dari sumber terhadap khalayak dengan memakai alat-alat komunikasi mirip surat kabar, film, radio, dan televisi.
Dalam literatur ilmu komunikasi, media massa memiliki karakteristik sebagai berikut:
Publisitas: disebarluaskan terhadap khalayak luas
Universalitas: pesan atau isinya bersifat umum
Periodisitas: terbit tetap atau terpola (rutin)
Kontinuitas: berkesinambungan
Aktualitas: berisi hal-hal gres.
Cangara menyebutkan karakteristik media massa sebagai berikut:
1. Melembaga
Pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yaitu mulai dari pengumpulan, pengelolaan hingga pada penyajian isu.
2. Satu Arah
Komunikasi yang dilaksanakan kurang memungkinkan terjadinya obrolan antara pengirim dan akseptor. Kalaupun terjadi reaksi atau umpan balik, lazimnya memerlukan waktu dan tertunda.
3. Meluas dan berbarengan
Dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, sebab beliau memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, dimana berita yang disampaikan diterima oleh banyak orang dalam waktu yang serupa.
4. Menggunakan alat
Memakai perlengkapan teknis atau mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan semacamnya.
5. Bersifat terbuka
Pesannya mampu diterima oleh semua orang dan dimana saja tanpa mengenal batas usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.
Karakteristik Media Online
Karakteristik utama media online yakni hanya mampu diakses melalui internet. Asep Syamsul M. Romli (2012), menyebutkan karakteristik media online selaku berikut:
1. Multimedia
Dapat memuat atau menyuguhkan informasi/isu dalam bentuk teks, audio, video, grafis dan gambar secara serempak.
2. Aktualitas
Berisi info positif alasannya adalah fasilitas dan kecepatan penyuguhan.
3. Cepat
Saat isu diposting atau diuploud, gosip dapat langsung diakses oleh siapa pun.
4. Update
Pembaruan (updating) info dapat dilaksanakan dengan cepat baik dari segi konten maupun redaksional, contohnya dalam kesalahan ketik/ejaan.
5. Kapasitas luas
Halaman web mampu menampung naskah sangat panjang.
6. Fleksibilitas
Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan dimana saja, juga jadwal terbit (update) bisa kapan saja, setiap ketika.
Jenis-Jenis Website
Website yaitu media online utama selain aplikasi. Jenis-jenis situs web dapat diklasifikasikan selaku berikut:
1. Mesin Pencari (Search Engine)
Mesin pencari atau mesin penelusuran ialah situs web yang menjadi gerbang atau pintu masuk menuju berbagai gosip yang tersedia di internet, mirip Google, Bing, Yandex, Baidu, Yahoo dan lainnya.
2. Portal
Portal ialah website yang menyediakan bermacam-macam jenis isu, yakni portal berita (news portal) atau situs info, mirip Reason.com, Igettalk.com, Detikcom, Republika Online, Antaranews, dan sebagainya. Ini yang disebut media online dalam pemahaman khusus.
3. Media Sosial
Media sosial adalah situs web yang menjadi lembaga interaksi pengguna internet yang dikenal sebagai warga internet (warganet) atau internet citizen (netizen), Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram.
Media sosial menjadi fasilitas pertemanan, membuatkan isu, mengobrol, atau sekadar bertegur sapa.
4. Company Profile
Company profile ialah situs web lembaga atau perusahaan terdiri dari profil, visi, misi, tujuan, produk, layanan, dan kegiatan lembaga.
5. e-Commerce
Disebut juga toko online (online store/online shop), website ini ialah toko online suatu bisnis jual beli yang menjual produk atau jasa.
6. Maktetplace
Marketplace ialah pasar online berbentuksitus jual beli. Transaksi barang dan jasa dijalankan secara online, mirip Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee, dan OLX.
Demikian pengertian media online dan karakteristiknya plus jenis-jenis website. Semoga mampu menambah wawasan kita ihwal pemahaman dan jenis-jenis media online.
0 Response to "Jenis Media Online Dan Karakteristiknya"
Post a Comment